Peluang Usaha Snack Makanan Ringan

Mayoritas orang menyepelekan usaha snack makanan ringan dan menganggapnya sebagai peluang usaha di bidang makanan yang mempunyai profit terlalu sedikit dan tidak prospektif. Pendapat semacam itu salah besar, karena usaha snack makanan ringan merupakan peluang bisnis rumahan yang sungguh berpotensi apabila dikelola dengan baik dan benar.

Peluang usaha snack makanan ringan merupakan peluang bisnis yang potensial sebab bisnis dalam bidang ini sangat bagus dan minat masyarakat akan snack sangat tinggi sehingga banyak pebisnis yang menjalankan usaha ini.

Snack merupakan teman bersantai dan suguhan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah Anda, karena snack ini bersifat tidak mudah mengenyangkan perut sehingga sangat pas untuk hidangan ketika bersantai bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiripun juga enak rasanya.

Snack ini banyak sekali jenis dan rasanya. Tinggal pilih saja apa yang Anda senangi. Snack kering seperti kripik singkong, kripik pisang, kripik buah-buahan, kripik sayuran, dan sebagainya, biasanya ada yang rasanya pedas, asin, dan manis. Anda tinggal memilih rasa apa yang Anda sukai.

Jenis makanan snack sudah banyak yang terkenal di kalangan masyarakat Nusantara. Mayoritas rakyat Nusantara suka makan snack karena tidak membuat perut mudah kenyang.

Ditambah lagi harga snack yang sungguh terjangkau menjadi sebab orang makin meminatinya dan mengkonsumsinya sebagai camilan sehari-hari di rumah dan juga sebagai suguhan untuk tamu yang bertamu ke rumah.

Apalagi sebagaimana yang Anda ketahui snack merupakan makanan kesukaan anak-anak, sehingga sangatlah gampang untuk dapat menjual snack. Kan tahu sendiri, bagaimana reaksi anak-anak bila ingin jajan? Pasti menangis dan merengek-rengek sampai akhirnya dibelikan.

Selain itu, makanan juga merupakan kebutuhan dasar hidup manusia, sehingga menjadikan bisnis di bidang makanan menjadi usaha yang tidak ada habisnya. Sebab usaha makanan akan senantiasa menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Snack yang punya rasa unik merupakan salah satu pilihan bisnis makanan yang menjanjikan tersebut. Usaha snack unik dengan modal kecil akan dapat menghasilkan keuntungan yang menyenangkan hati.

Baca juga  Bisnis Cake Pisang
Maksud dari usaha snack unik dengan modal kecil adalah Anda memproduksi snack yang punya cita rasa baru tetapi Anda hanya mengeluarkan modal seminimal mungkin dan bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar. Itulah prinsip ekonomi dari seorang pengusaha sukses.

Karena target utama dari usaha yang Anda kerjakan adalah memperoleh hasil yang tinggi, maka Anda harus senantiasa rajin dan ulet untuk mencapai tujuan Anda tersebut. Mempunyai usaha snack makanan ringan harus disertai kreasi, inovasi, dan rasa yang berbeda serta lezat di lidah para pembeli.

Sesungguhnya sangat banyak contoh usaha snack makanan ringan yang bisa Anda jadikan referensi. Hanya saja yang patut diperhatikan terlebih dahulu adalah faktor-faktor yang bisa membuat usaha snack makanan ringan Anda bisa berkembang pesat dan memiliki banyak konsumen. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ini pembahasannya:

1. Tempat yang strategis.
Senikmat apapun snack yang Anda jual, kalau hanya sedikit orang yang mengenalnya maka akan sangat sulit untuk menjualnya. Oleh karena itu faktor lokasi sangat perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, terutama jika Anda masih benar-benar baru dan belum punya pengalaman sama sekali.

Sebelum memulai bisnis apapun, alangkah bagusnya jika Anda melakukan survei tempat lebih dahulu yang kira-kira bisa menjadi tempat yang pas untuk barang jualan Anda.

2. Kreatifitas.
Umumnya sudah banyak yang menjalankan usaha snack makanan ringan, jadi bila Anda hanya menjual produk yang sama, tanpa melakukan berbagai kreatifitas bisa jadi Anda akan susah bersaing dengan pebisnis lainnya. Oleh karena itu buatlah kreatifitas yang unik seperti membuat berbagai macam rasa, menggunakan kemasan-kemasan yang sedang populer, membuat bentuk yang unik dan lain-lain.

3. Tempat jualan yang bagus dan menarik.
Suasana yang nyaman dan bersih akan membuat para pelanggan Anda senang berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan balik lagi karena merasa ada tempat nangkring yang bagus.

Sebab banyak dari mereka lebih mengutamakan tempat yang bersih dan nyaman untuk membeli sesuatu. Sebab itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, nyaman dan menarik serta tertata rapi, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda.

Baca juga  Analisis Peluang Usaha Bumbu Bubuk di Indonesia
4. Harga lebih terjangkau daripada di tempat lain.
Bagi Anda para pengusaha yang baru memulai usaha ini, jangan ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya, yang penting Anda masih mendapatkan keuntungan walaupun sedikit.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-snack-makanan-ringan/

Cara Membuat Sari Buah Delima

Buah merupakan bahan pangan sumber vitamin. Selain rasa buahnya nikmat dikonsumsi, biasanya daun buah tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya daun pisang untuk makanan hewan ternak, daun pepaya bisa untuk mengempukkan daging dan melancarkan ASI terlebih daun pepaya jantan.

Warna pada buah cepat sekali berubah karena dampak cahaya matahari dan ketika pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) mengakibatkan buah mudah menjadi busuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa ketahananya sangat penting.

Buah dapat diolah menjadi aneka kemasan minuman semisal saribuah, anggur dan makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan selai.
Sari buah delima adalah cairan yang dihasilkan dari pemerasan buah segar yang sudah matang. Pada prinsipnya sari buah terdapat dua macam, yaitu:
1) Sari buah encer cair yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang diperoleh dari pengepresan buah, setelah itu dilanjutkan menggunakan tambahan air dan gula pasir.
2) Sari buah pekat atau Sirup, adalah cairan yang diperoleh dari pemerasan daging buah kemudian diteruskan dengan proses pemekatan, baik dengan cara pemanasan biasa atau menggunakan cara lain seperti penguapan dan lain-lain.

Sirup ini tidak langsung diminum, namun harus dicampur dulu dengan air putih. Buah-buahan yang kerap diolah menjadi sari buah maupun sirup antara lain: pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah delima atau sirup buah mampu tahan selama kurang lebih 3 bulan.

1. Bahan yang Digunakan

1) Buah segar: 5 kg
2) Gula pasir kusus bagi sirup 1 1/4 kilo gram: 125 gr
3) Asam sitrat: 3 gram/ lt sari buah delima
4) Natrium benzoat: 1 gram
5) Garam: 20 gr
6) Air putih secukupnya

2. Alat yang Digunakan

1) Pisau
2) Panci
3) Alat Parutan kelapa
4) Pengaduk
5) Tungku atau kompor
6) Wadah dan tutup yang sudah disterilkan
7) Kain saring atau kain blacu
8) Corong
9) Wadah besar

Baca juga  Peluang Bisnis Bakso Krikil Menjanjikan Untung Besar
3. CARA PEMBUATANYA

1) pakailah buah yang sudah tua, segar dan masak kemudian bersihkan dengan air bersih;
2) Irislah buah sampai menjadi kecil-kecil;
3) Parut buah sampai menjadi bubur; * Kemudian peras airnya
4) Tambahkan air, gula pasir, natrium benzoat, asam sitrat dan garam dapur. Perbandingan sari buah dengan air yaitu seperti berikut:
— Buah jeruk (untuk satu lt sari buah delima campur dengan 1 1/2 liter air).
5). Campur hingga merata. Selanjutnya pengerjaan pengolahan sari buah delima (6-9):.
6) Saringlah campuran tersebut menggunakan kain saring;.
7) Masukkan hasil saringan ke dalam wadah kemudian tutup rapat. Endapan hasil penyaringan dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain-lain;.
8) Masukkan wadah yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;.
9) Angkat botol tersebut lalu segera dinginkan.
Seleksilah berbagai jenis apel, dan olah masing-masing dengan cara terpisah, lalu gabungkan jusnya untuk menciptakan cita rasa yang berbeda dan perhatikan perbedaan warna yang dihasilkan menggunakan buah apel merah, hijau dan kekuningan.

Olah apel dengan cara menyeluruh dan pisahkan seluruh cairan dan sarinya menggunakan kain tipis agar bisa mendapatkan seluruh saribuah dengan gizi dari buah tersebut. Beberapa ampas atau padatan akan lolos melalui kain tipis, dan jus akan tampak keruh.
Untuk mengolah sari apel dalam skala banyak, Anda bisa memiliki alat untuk memeras sari buah delima.

Comments