Cara Membuat Tepung Gandum Sebagai Kebutuhan Sehari-hari

Apabila Anda akan membuat kue, maka yang pertama yang harus Anda ketahui adalah bahan dasar berupa apa yang harus Anda pakai. Jika Anda akan memasak bubur ayam pasti Anda akan terbayang bahan dasar berupa beras. Entah itu beras putih atau beras merah tergantung bubur ayam apa yang akan Anda buat.

Apabila Anda ingin membuat kue donat untuk bisnis misalnya, maka akan segera terbayang bahwa bahannya adalah tepung. Tapi Anda tidak bisa begitu saja asal membeli tepung, karena tepung itu ada berbagai macam.

Untuk setiap jenis tepung mempunyai fungsi tertentu dan akan lebih maksimal jika digunakan untuk bahan dasar makanan tertentu. Terdapat juga tepung yang khusus digunakan sebagai pakan hewan peliharaan atau pupuk tanaman.

Menurut bapak Djoni Wibowo (2012), Tepung merupakan zat padat yang memiliki bentuk berupa serbuk halus malahan sangat halus tergantung pada pemakaiannya. Tepung biasanya digunakan untuk bahan baku sektor industri, keperluan penelitian, bisa juga dipakai dalam kebutuhan rumah tangga, misalnya membuat kue atau roti.

Tepung dibuat dari aneka jenis bahan nabati, yaitu dari kelompok tanaman padi, umbi-umbian, akar-akaran, atau sayuran yang mempunyai kanji. Salah satu contoh tepung nabati yaitu tepung terigu yang asalnya dari gandum, tepung tapioka yang sumbernya dari singkong, tepung maizena yang sumbernya dari jagung, tepung ketan yang berasal dari beras ketan. Tepung bisa juga dibuat dari berbagai bahan hewani, contohnya tepung tulang dan tepung ikan.

Berdasarkan penuturan The Culinary Institute of America (2011) menyatakan bahwa Tepung merupakan perpaduan dari air yang sangat dingin dan lemak padat yang dingin yang merupakan bahan dasar dari sebagian besar produk adonan.

Simpulan dari dua sumber tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwasanya tepung merupakan komposisi dasar pada produk bakery dan pastry. Kebanyakan tepung dibuat dari bahan nabati, misalnya umbi-umbian dan biji bijian. Dalam adonan, tepung berperan untuk membentuk tekstur, memberikan cita rasa, mengikat bahan-bahan lain dan mendistribusikannya secara merata.

Itu tadi sekilas pengetahuan tentang tepung secara general. Tepung gandum umumnya paling banyak digunakan untuk membuat kue dan makanan, terutama tepung terigu.

Baca juga  Kiat Sukses Memulai Usaha Bakso Frozen
Terdapat banyak macam tepung yang dapat Anda temui di pasar tradisional, tidak hanya tepung gandum saja untuk bahan dasar kue dan makanan saja, tapi banyak juga tepung yang digunakan untuk makanan ternak atau pupuk tanaman.

Adapun cara membuat tepung gandum dapat Anda lakukan dengan begitu mudah. Bahan yang akan dipakai sebagai bahan baku tepung pastinya harus yang memiliki kualitas bagus agar tepung yang didapatkan juga bagus.

Untuk melihat bobot bahan dasar tepung dengan teliti memang harus dilakukan beberapa riset di laboratorium. Sebagai patokan Anda bisa melihat bobot bahan dasar tepung yang akan dipakai dengan memegang atau memotongnya.

Hal awal yang mesti dilakukan untuk membuat tepung gandum yaitu membersihkan bahan baku tepungnya. Pastikan bahan baku tepung tidak berisi zat yang membahayakan. Bahan baku tepung bisa direndam dengan air yang bersih terlebih dahulu kemudian dikeringkan di bawah terik matahari.

Lamanya waktu perendaman bisa menyesuaikan dengan keperluan bahan baku. Jika tahap perendaman bahan baku tepung membutuhkan waktu yang lama, sebaiknya air yang digunakan mesti diganti per 12 jam sekali.

Bahan baku tepung dijemur hingga kering sempurna dengan kandungan air kurang lebih 10%. Setelah dijemur, langkah berikutnya yaitu proses penggilingan bahan baku tepung.

Proses penggilingan bahan dasar tepung dapat Anda kerjakan secara sederhana dengan menumbuknya menggunakan alu dan lumping atau menggunakan mesin penepung dari Ramesia Mesin. Dengan menggunakan alat penepung dari Ramesia Mesin, tepung yang didapatkan akan sangat halus dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kami menjual banyak alat penepung untuk bahan pangan kering dengan penerapan disk mill dengan motor penggerak listrik pada alat penepung.

Cara penggunaan mesin penggiling tepung dari Ramesia begitu mudah, Anda hanya perlu menghubungkan kabel power dengan socket listrik, kemudian masukkan bahan baku tepung yang diinginkan ke dalam alat penepung.

Tepung hasil mesin penggilingan bisa langsung dipakai, seandainya tidak dipakai secara langsung sebaiknya disimpan pada bejana yang tertutup untuk menjaga kebersihannya.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-tepung-gandum/

Tips Cara Membuat Gulali Jawa yang Manis dan Nikmat


Gulali merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang cukup terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang, anak-anak kecil lebih menyukai membeli gulali yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki beraneka macam jenis. Jenis yang paling terkenal dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis yang kedua adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali ini lebih terlihat berwarna karena para penjual gulali ini biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup sehingga menghasilkan siulan layaknya peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mie atau benang sutra.

banyak orang menyebut gulali jenis ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat tadi dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka jenis gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa
Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang bisa kita temui saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu kecil. Gulali dari gula merah ini biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya jadi lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali jenis ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi berbentuk binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.

Dan bahkan, gulali jenis ini kadang bisa kita tiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.

Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali ini dibuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan dasar gulali jenis ini sedemikian rupa sampai berbentuk mirip seperti mi atau seperti benang sutra.

Baca juga  Raih Omset Besar dengan Usaha Roti Bakar
Banyak orang menyebut gulali ini dengan istilah gulali rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon, orang-orang Tiongkok sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, nama mesin ini adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan nama permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan nama gulali arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa
Bahan

· 1/2 kilogram gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang sudah dipotong kecil-kecil
· Tusuk sate

Cara Membuat

1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu taruh wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir
Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Comments